Rabu, 08 Maret 2023

Jalan yang Jauh



Sepanjang perjalanan, aku sibuk mengamati kendaraan yang lalu lalang. Menikmati pemandangan kota  melalui kaca jendela DAMRI yang kutumpangi sejak 40 menitan lalu dari Bandara Minangkabau. 


Menjelang magrib, mataku lebih terpaku ke langit biru yang  mulai meredup. Syukur di sini cuacanya cerah. Padahal tadi siang, saat berangkat dari Hasanuddin, hujannya gerimis. Saat transit di Halim pun, hujan masih gerimis. 


Matahari mulai terbenam, DAMRI melintasi jalur jalanan di sepanjang pinggir pantai.  Pemandangan langit senja terlihat lebih indah.  Energiku yang sudah hampir habis,  seperti kembali terisi penuh. 


Melewati Tugu Merpati Perdamaian, aku  buru-buru mengeluarkan smartphone dari kantong tasku. Kubuka aplikasi kamera dan kuarahkan fokus ke matahari terbenam dan replika merpati. Orang-orang juga mulai ramai berkumpul di pinggir Pantai Padang, turut berfoto mengabadikan momen matahari terbenam.


"Turun di mana dek." Tegur kenek DAMRI saat aku asyik melihat pemandangan di luar jendela.


"Di perhentian akhir pak." Balasku kaget. "Di lapangan Imam Bonjol. Mau nyambung mobil travel di situ." Paparku lebih jelas.


"Mau ke mana dek? Saya juga turun di dekat lapangan. Mau lanjut ke Pessel." Tanya Bapak yang duduk berseberangan kursi denganku.


"Ke Painan, Pak." Jawabku singkat.


Lalu dia melanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan lain dan bercerita  panjang lebar.


"Memangnya tidak takut ya dek,  jauh-jauh ke kampung orang sendirian." Sambungnya setelah tahu kalau aku adalah pendatang yang jauh-jauh ke Sumatera untuk bekerja.


"Alhamdulillah tidak, Pak. Malah senang  bisa kerja sambil jalan-jalan." Tuturku bersemangat.


Sejauh apapun kita berjalan, tidak ada yang perlu kita takutkan.  Selama niat dan tujuan kita baik,  tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Sebab dalam perjalanan, Allah akan selalu memberikan pertolonganNya melalui perantara orang-orang baik yang kita temui.


#5CC

#5CC4

#bentangpustaka

#writingcareerclass

0 comments:

Posting Komentar

Apa komentarmu? Silakan menuliskannya ^^ ...